PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI LESSON STUDY

PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

MELALUI LESSON STUDY

Drs. Widayanto, M.Pd.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Deskripsi Singkat

Mata Pendidikan dan Pelatihan (Mata Diklat) ini menjabarkan konsep dan prinsip mengembangkan model pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris, serta menjelaskan komponen dan format pengembangan model pembelajaran yang mengacu pada KTSP- Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan bagaimana mengimplementaikan model itu di dalam kelas.

B. Tujuan Pmbelajaran Umum (TPU)

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu mengembangkan model pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris, serta menjelaskan komponen dan format pengembangan model pembelajaran yang mengacu pada KTSP- Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan bagaimana mengimplementaikan model itu di dalam kelas.

C. Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)

Setelah pelajaran ini peserta diharapkan mampu:

1. Menjelaskan Pengertian Model Pembelajaran

2. Menjelaskan langkah-langkah pokok pengembangan Model Pembelajaran

3. Menjelaskan komponen model-model pembelajaran

4. Mengimplementasikan model pembelajaran dalam kelas

D. Pokok Bahasan

1. Pengertian dan manfaat model Pembelajaran

2. Prinsip-Prinsip pengembangan model pembelajaran

3. Komponen model-model pembelajaran

4. Langkah-langkah pokok pengembangan model pembelajaran

BAB II

PENGERTIAN LESSON STUDY

A.  Latar Belakang

Dalam  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  di  sekolah  banyak  faktor  yang harus diperhatikan seperti: pendidik (guru), siswa, sarana dan prasarana, laboratorium  dan  kelengkapannya,  lingkungan,  dan  manajemennya.  Namun  pada kesempatan   ini   hanya  akan   dilihat   dari   segi   pendidik  (guru)   dan   siswa   yang merupakan  dua  komponen  terpenting,  yang  berperan  dalam  peningkatan  kualitas pembelajaran, dengan tidak mengesampingkan komponen atau faktor-faktor lainnya.

Dalam era sentralisasi pendidikan, peningkatan kualitas pembelajaran dari segi pendidik (guru) biasanya dilakukan dengan kegiatan inservice teacher training yang berupa  penyetaraan,  pelatihan,  penataran,  seminar  atau  lokakarya,  atau  kegiatan- kegiatan  lain  yang  sejenis.  Setelah  mengikuti  kegiatan  tersebut,  diharapkan  guru dapat  menerapkan  hasil  training  tersebut  dalam  pembelajaran  di  kelas.  Kegiatan- kegiatan  tersebut  telah  banyak  dilaksanakan  dengan  biaya  yang  tidak  kecil  yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik yang berasal dari rupiah murni maupun dari dana pinjaman  luar  negeri.  Banyak  atau  sedikit,  pasti  ada  sumbangan  kegiatan  tersebut dalam  meningkatkan  mutu  pembelajaran.  Tetapi,  kebanyakan  setelah  kegiatan inservice   teacher   training,   hasil   monitoring   yang   mempersoalkan   apakah   ada peningkatan  mutu  pembelajaran  yang  dilakukan  oleh  para  peserta  tidak  tampak nyata  hasilnya.  Padahal  pada  dasarnya,  hakikat  pelaksanaan  kegiatan  inservice teacher training selain meningkatkan kualitas guru, yang lebih penting adalah guru peserta  inservice  teacher  training  mampu  menerapkan  hasil  training  dalam  proses pembelajaran   di   kelasnya   dan   mengimbaskan   kepada   rekan-rekan   guru   di sekolahnya  atau  di  kelompok  Musyawarah  Guru  Mata  Pelajaran  (MGMP).  Namun masih  banyak  guru  setelah  mengikuti  kegiatan  inservice  teacher  training,  mereka tidak mengubah cara pembelajaran untuk para siswanya. Hal ini sangat dimungkinkan   karena   dalam   kegiatan   training   tersebut   tidak   diberikan   contoh kongkret cara pembelajarannya di kelas nyata.

Mulai  tahun  2002,  Indonesia  menerapkan  sistem  desentralisasi  pendidikan. Apakah dalam era desentralisasi ini strategi peningkatan kualitas pembelajaran dari segi guru akan tetap sama seperti dalam era sentralisasi? Dalam era desentralisasi pendidikan, posisi guru berada pada titik sentral dengan tanggung jawab yang luas dan  menjadi  tumpuan  vital  dalam  pengembangan  pembelajaran  yang  dilakukan. Guru  bukan  lagi  sebagai  pelaksana  pengajaran  seperti  yang  tertulis  dalam  Garis garis   Besar   Program   Pengajaran   (GBPP)   yang   telah   ditetapkan   oleh   Menteri Pendidikan di masa lalu. Dalam era desentralisasi pendidikan, guru harus menyusun sendiri jabaran kurikulum. Kurikulum sekarang sangat sederhana, secara garis besar hanya  berisi  standar  kompetensi,  kompetensi  dasar,  dan  indikator  pencapaiannya. Guru harus menjabarkannya menjadi silabus (garis-garis besar program pengajaran yang lebih rinci), yang sesuai dengan karakteristik siswa, kemampuan sekolah, dan lingkungannya.

Pada era desentralisasi ini, guru harus lebih aktif mengambil prakarsa sendiri, karena  tidak  akan  ada  lagi  intervensi  dari  luar  yang  harus  dipatuhi  secara  mutlak. Bukan karena sesuatu yang datang dari luar dianggap pasti tidak sesuai. Tetapi yang lebih penting adalah bahwa guru lebih leluasa berperan sebagai seorang profesional. Kini guru ditantang tampil dengan kemampuan yang terbina dari dalam dirinya, guru harus mampu membuktikan kemampuan profesionalnya untuk menerima amanah sebagai pendidik yang tangguh. Secara singkat, jika pada era sentralisasi pendidikan, guru sebagai pelaksana dari apa yang telah dipikirkan oleh para birokrat, tapi   kini   guru   ditantang   untuk   berfikir   logis,  kritis,  kreatif,   dan   refleksif  dalam meningkatkan  mutu  pembelajarannya,  dan  melaksanakan  hasil  pemikirannya  ini dalam pembelajaran di kelas.

Bergantinya  sistem  sentralisasi  ke  sistem  desentralisasi  pendidikan  secara mendadak  seperti  saat  ini  tidak  akan  serta  merta  mengubah  pola  pikir  guru  yang semula sebagai pelaksana pengajaran langsung menjadi pemrakarsa pembelajaran, seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi beragamnya kualitas dan profesionalitas   guru,   dari   guru   yang   bermotivasi   peribadahan   hingga   karena keterpaksaan, dari guru yang selalu menggerutu hingga yang senantiasa tawakkal. Untuk  itu  perlu  tersedianya  pendukung  yang  memadai  dan  proses  yang  panjang dalam program pendidikan dan pembinaan guru. Perlu adanya gerakan dari bawah, dari   para   guru   untuk   mengidentifikasi   kebutuhan   dirinya   dalam   meningkatkan kompetensinya,  agar  dapat  mengembangkan  mutu  pembelajaran  pada  siswanya. Bertolak dari pandangan tersebut, ditawarkan suatu sistem pembinaan guru melalui lesson study dalam rangka peningkatan keprofesionalan guru.

B. Pengertian Lesson Study

Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian  pembelajaran  secara  kolaboratif  dan  berkelanjutan  berlandaskan prinsip-prinsip  kolegalitas  dan  mutual  learning  untuk  membangun  learning community.  Lesson  Study  bukan  suatu  metode  pembelajaran  atau  suatu  strategi pembelajaran, tetapi dalam kegiatan Lesson Study dapat memilih dan menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan  yang  dihadapi  pendidik.  Lesson  study  dapat  merupakan  suatu kegiatan pembelajaran dari sejumlah guru dan pakar pembelajaran yang mencakup

3   (tiga)   tahap   kegiatan,   yaitu   perencanaan   (planning),   implementasi   (action) pembelajaran  dan  observasi  serta  refleksi  (reflection)  terhadap  perencanaan  dan implementasi pembelajaran tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Skema kegiatan dalam lesson study

1.   Tahap perencanaan

Pada  tahap  ini  dilakukan  identifikasi  masalah  yang  ada  di  kelas  yang  akan digunakan untuk kegiatan lesson study dan perencanaan alternatif pemecahannya. Identifikasi   masalah   dalam   rangka   perencanaan   pemecahan   masalah   tersebut berkaitan dengan pokok bahasan (materi pelajaran) yang relevan dengan kelas dan jadwal   pelajaran,   karakteristik   siswa   dan   suasana   kelas,   metode/pendekatan pembelajaran, media, alat peraga, dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Dari   hasil   identifikasi   tersebut   didiskusikan   (dalam   kelompok   lesson   study) tentang  pemilihan  materi  pembelajaran,  pemilihan  metode  dan  media  yang  sesuai dengan  karakteristik  siswa,  serta  jenis  evaluasi  yang  akan  digunakan.  Pada  saat diskusi, akan muncul pendapat dan sumbang saran dari para guru dan pakar dalam kelompok tersebut untuk menetapkan pilihan yang akan diterapkan. Pada tahap ini, pakar   dapat   mengemukakan   hal-hal   penting/baru   yang   perlu   diketahui   dan  diterapkan oleh para guru, seperti pendekatan pembelajaran konstruktif, pendekatan pembelajaran yang memandirikan belajar siswa, pembelajaran kontekstual, pengembangan life skill, Realistic Mathematics Education, pemutakhiran materi ajar, atau lainnya yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pemilihan tersebut.

Hal yang penting pula untuk didiskusikan adalah penyusunan lembar observasi, terutama  penentuan  aspek-aspek  yang  perlu  diperhatikan  dalam  suatu  proses pembelajaran  dan  indikator-indikatornya,  terutama  dilihat  dari  segi  tingkah  laku siswa.   Aspek-aspek   proses   pembelajaran   dan   indikator-indikator   itu   disusun berdasarkan  perangkat  pembelajaran  yang  dibuat  serta  kompetensi  dasar  yang ditetapkan untuk dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.

Dari   hasil   identifikasi   masalah   dan   diskusi   perencanaan   pemecahannya, selanjutnya disusun dan dikemas dalam suatu perangkat pembelajaran yang terdiri atas :

i. Rencana Pembelajaran (RP)

ii. Petunjuk Pelaksanaan Pembelajaran (Teaching Guide)

iii.  Lembar Kerja Siswa (LKS)

iv.  Media atau alat peraga pembelajaran

v. Instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran.

vi. Lembar observasi pembelajaran.

Penyusunan perangkat pembelajaran ini dapat dilakukan oleh seorang guru atau beberapa  orang  guru  atas  dasar  kesepakatan  tentang  aspek-aspek  pembelajaran yang   direncanakan   sebagai   hasil   dari   diskusi.   Hasil   penyusunan   perangkat pembelajaran   tersebut   perlu   dikonsultasikan   dengan   dosen   atau   guru   yang dipandang pakar dalam kelompoknya untuk disempurnakan.

Perencanaan itu dapat juga diatur sebaliknya, yaitu seorang atau beberapa orang guru  yang  ditunjuk  dalam  kelompok  mengidentifikasi  permasalahan  dan  membuat perencanaan pemecahannya yang berupa perangkat-perangkat pembelajaran untuk suatu  pokok  bahasan  dalam  suatu  mata  pelajaran  yang  telah  ditetapkan  dalam kelompok.   Selanjutnya,   hasil   identifikasi   masalah   dan   perangkat   pembelajaran tersebut didiskusikan untuk disempurnakan.

2.   Tahap Implementasi dan Observasi

Pada tahap ini seorang guru yang telah ditunjuk (disepakati) oleh kelompoknya, melakukan implementasi rencana pembelajaran (RP) yang telah disusun tersebut, di kelas.  Pakar  dan  guru  lain  melakukan  observasi  dengan  menggunakan  lembar observasi   yang   telah   dipersiapkan   dan   perangkat   lain   yang   diperlukan.   Para observer   ini   mencatat   hal-hal   positif   dan   negatif   dalam   proses   pembelajaran, terutama  dilihat  dari  segi  tingkah  laku  siswa.  Selain  itu  (jika  memungkinkan), dilakukan   rekaman   video   (audio   visual)   yang   mengclose-up   kejadian-kejadian khusus (pada guru atau siswa) selama pelaksanaan pembelajaran. Hasil rekaman ini berguna  nantinya  sebagai  bukti  autentik  kejadian-kejadian  yang  perlu  didiskusikan dalam  tahap  refleksi  atau  pada  seminar  hasil  lesson  study,  di  samping  itu  dapat digunakan sebagai bahan diseminasi kepada khalayak yang lebih luas.

3.   Tahap Refleksi

Selesai praktik pembelajaran, segera dilakukan refleksi. Pada tahap refleksi ini, guru  yang  tampil  dan  para  observer  serta  pakar  mengadakan  diskusi  tentang pembelajaran  yang  baru  saja  dilakukan.  Diskusi  ini  dipimpin  oleh  Kepala  Sekolah, Koordinator kelompok, atau guru yang ditunjuk oleh kelompok. Pertama  guru yang melakukan implementasi rencana pembelajaran diberi kesempatan untuk menyatakan  kesan-kesannya  selama  melaksanakan  pembelajaran,  baik  terhadap dirinya maupun terhadap siswa yang dihadapi. Selanjutnya observer (guru lain dan pakar) menyampaikan hasil analisis data observasinya, terutama yang menyangkut kegiatan siswa selama berlangsung pembelajaran yang disertai dengan pemutaran video hasil rekaman pembelajaran. Selanjutnya, guru yang melakukan implementasi tersebut akan memberikan tanggapan balik atas komentar para observer. Hal yang penting  pula  dalam  tahap  refleksi  ini  adalah  mempertimbangkan  kembali  rencana pembelajaran yang telah disusun sebagai dasar untuk perbaikan rencana pembelajaran  berikutnya.  Apakah  rencana  pembelajaran  tersebut  telah  sesuai  dan dapat meningkatkan performance keaktifan belajar siswa. Jika belum ada kesesuaian,  hal-hal  apa  saja  yang  belum  sesuai,  metode  pembelajarannya,  materi dalam  LKS,  media  atau  alat  peraga,  atau  lainnya.  Pertimbangan-pertimbangan  ini digunakan untuk perbaikan rencana pembelajaran selanjutnya.

Memperhatikan  perencanaaan,  pelaksanaan  dan  observasi  serta  refleksinya, langkah-langkah   dalam   pelaksanaan   lesson   study   ini   ada   kemiripan   dengan Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK),  maka  setiap  kelompok  dapat  melaksanakannya sebagai  PTK,  sehingga  setiap  kelompok  lesson  study,  selain  mengadministrasi semua  perangkat  pembelajaran  dan  hasil  refleksi  harus  membuat  laporan  PTK seperti lazimnya penelitian. Bahkan akan sangat baik, jika dilengkapi dengan artikel untuk dimuat dalam jurnal.

BAB III

PELAKSANAAN LESSON STUDY

Pelaksanaan Lesson Study

Lesson  Study  adalah  suatu  model  peningkatan  mutu  pembelajaran  melalui pengkajian   pembelajaran   secara   kolaboratif   dan   berkelanjutan   berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.  Oleh  karena  itu  lesson  study  dapat  dilaksanakan  dalam  satu  sekolah, kelompok  sekolah,  kelompok  guru  mata  pelajaran  sejenis  atau  Musyawarah  Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Suatu  sekolah  (khususnya  Sekolah  Menengah)  dapat  melaksanakan  school based  lesson  study,  jika  banyaknya  guru  mata  pelajaran  sejenis  atau  serumpun minimal  3  (tiga)  orang,  untuk  mata  pelajaran  yang  akan  diterapkan  lesson  study. Mereka dapat secara rutin bersama dan berkelanjutan dalam melaksanakan lesson study, baik dalam perencanaan (plan), implementasi (do) dan observasi serta refleksi (see) pada suatu mata pelajaran. Dalam pelaksanaan lesson study di suatu sekolah, agar tidak mengganggu kewajiban guru dalam tugas mengajarnya, perlu penyusunan   jadwal   pelajaran   yang   menyediakan   pertemuan   rutin   guru   mata pelajaran sejenis/serumpun.

Lesson  study  dapat  pula  dilaksanakan  dengan  cara:  seorang  guru  menyusun seluruh  perangkat  pembelajaran  secara  lengkap  untuk  suatu  topik  tertentu  (yang bermasalah)  untuk  didiskusikan  dengan  beberapa  teman  sejawat.  Selanjutnya  ia tampil sebagai guru model dan teman sejawat melakukan observasi, lalu melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilakukan.

Hal-hal di atas dapat dilaksanakan dalam kelompok sekolah (jika suatu sekolah tidak  memenuhi  persyaratan  untuk  melaksanakan  lesson  study),  kelompok  guru mata  pelajaran  sejenis,  atau  dalam  MGMP.  Sekali  lagi,  lesson  study  dilaksanakan secara  kolaboratif  dan  berkelanjutan,  oleh  karena  itu  pelaksanaannya  perlu  diatur sedemikian   hingga tidak mengganggu kewajiban mengajar dan diusahakan keberlanjutannya.

Lesson Study sebagai Model Pembinaaan Guru

Lesson Study merupakan kerja kolektif sekelompok guru (atau anggota MGMP), bisa  dengan  mahasiswa  dan  dosen.  Pembuatan  rencana  pembelajaran  (planning) dapat dikerjakan secara bersama-sama, diimplementasikan dengan menunjuk salah satu anggota sebagai guru model, guru lain dan pakar bertindak sebagai observer, kemudian dari hasil observasi tersebut dianalisis (melalui tahapan reflecting) secara bersama-sama.

Lesson   study   mempunyai   pengertian   belajar   pada   suatu   pembelajaran. Seseorang  (guru  atau  calon  guru)  bisa  belajar  tentang  bagaimana  melakukan pembelajaran pada mata pelajaran tertentu melalui tampilan pembelajaran yang ada (live/real  atau  rekaman  video).  Guru  bisa  mengadopsi  metode,  teknik,  ataupun strategi pembelajaran, penggunaan media, dan sebagainya yang diangkat oleh guru penampil   untuk   ditiru   atau   dikembangkan   di   kelasnya   masing-masing.   Guru lain/pengamat  perlu  melakukan  analisis  untuk  menemukan  positif-negatifnya  kelas pembelajaran  tersebut  dari  menit  ke  menit.  Hasil  analisis  ini  sangat  diperlukan sebagai  bahan  masukan  bagi  guru  penampil  untuk  perbaikan  atau  lewat  profil pembelajaran tersebut, guru/pengamat bisa belajar atas inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru lain.

Lesson study dapat dipandang sebagai model pembinaan guru dalam meningkatkan   profesionalitasnya.   Mengapa   demikian?   Pada   tahap   penyusunan perencanaan (planning), sekelompok guru dan seorang pakar berdiskusi tentang :

1.   Kondisi dan lingkungan siswa serta fasilitas yang tersedia.

2.   Rumusan  kompetensi  apa  yang  harus  dimiliki  siswa  serta  merumuskan indikator-indikator pencapaiannya

3.   Penentuan materi pelajaran yang berkenaan,  antara lain :

a.   pokok-pokok materi dan uraian masing-masing pokok materi,

b.   urutan sajian materi pelajaran,

c.   sajian materi yang disesuaikan dengan lingkungan siswa atau materi lokal atau   yang   berkaitan   dengan   life   skill   atau   yang   berkaitan   dengan keimanan/agama,

d.   pemilihan/penyusunan soal-soal latihan, soal-soal yang berkaitan dengan problem-solving  dalam  rangka  penyusunan  Lembar  Kerja  Siswa  (LKS)

dan soal-soal untuk tes formatif.

4.   Pemilihan  metode/strategi  pembelajaran  inovatif  yang  menyenangkan  dan memotivasi belajar siswa.

5.   Pemilihan media/alat peraga pembelajaran dan pengadaannya.

6.   Petunjuk guru dalam praktek pembelajarannya (teaching guide).

7.   Penentuan indikator-indikator proses pembelajaran yang dikatakan berhasil.

8.   Model Rencana Pembelajaran (RP) atau Satuan Acara Pembelajaran (SAP).

Ada banyak model/format RP/SAP, mana yang perlu dipilih? Hal-hal apakah yang  penting  dan  merupakan  prinsip-prinsip  dalam  penyusunan  RP/SAP, sehingga   seorang   guru   dapat   memahami   dan   menerapkannya   dalam pembelajaran.

Materi-materi  diskusi  tersebut  dapat  diangkat  sebagai  materi  pelatihan  yang senantiasa   aktual,   mengingat   kompleksnya   perkembangan   pengetahuan   dalam dunia  yang  senantiasa  berkembang.  Sehingga  dalam  suatu  kelompok  guru  yang merasa  tertantang  dengan  suatu  permasalahan  pembelajaran  dapat  mengundang pakar yang dipandang dapat memberi pemecahan permasalahan tersebut.

Selanjutnya,  pada  tahap  implementasi  dapat  langsung  diamati  oleh observer, yang   selanjutnya   pada   tahap   refleksi   dapat   didiskusikan,   apakah   yang   telah direncanakan  tersebut  dapat  dilaksanakan  dengan  baik,  atau  ada  hal-hal  dalam perencanaan tersebut yang perlu diperbaiki, atau hal-hal lainnya  tentang pembelajaran yang telah dilakukan, baik dari segi siswa maupun guru.

Keberhasilan lesson study dapat dilihat pada dua aspek pokok, yaitu:

perbaikan  pada  praktek  pembelajaran  oleh  guru,  dan  meningkatkan  kolaborasi antar guru.

Pertama,  lesson  study  memberikan  banyak  hal  yang  menurut  para  peneliti dianggap efektif dalam merubah praktek pembelajaran, seperti :

1.   penggunaan  materi  pembelajaran  yang  konkret  untuk  memfokuskan  pada permasalahan yang lebih bermakna,

2.   mengambil konteks pembelajaran dan pengalaman guru secara eksplisit, dan

3.   memberikan dukungan pada kesejawatan guru.

Dengan  kata  lain,  lesson  study  memberikan  banyak  kesempatan  kepada  para guru untuk membuat bermakna ide-ide pendidikan dalam praktik mengajar mereka, untuk  merubah  perspektif  mereka tentang  pembelajaran,  dan  untuk belajar  melihat praktek mengajar mereka dari perspektif siswa. Dalam lesson study, kita melihat apa yang terjadi dalam pembelajaran lebih objektif dan itu membantu kita memahami ide- ide penting dalam memperbaiki proses pembelajaran.

Kedua, lesson study juga mempromosikan dan mengelola kerja kolaboratif antar guru  dengan  memberi  dukungan  dan  intervensi  sistematik.  Selama  lesson  study, para guru berkolaborasi untuk:

1.   merumuskan  kompetensi  yang  harus  dimiliki  siswa  sebagai  dasar  untuk pengembangan belajar siswa;

2.   merencanakan  dan  melaksanakan  pembelajaran  yang  berdasar  pada  hasil penelitian   dan   observasi,   agar   siswa   memiliki   kompetensi   yang   telah dirumuskan.

3.   mengobservasi  secara  hati-hati  tingkat  belajar  siswa,  keterlibatan  mereka,

dan perilaku mereka selama pembelajaran;

4.   melaksanakan   diskusi   setelah   pembelajaran   bersama   dalam   kelompok kolaboratif mereka untuk mendiskusikan dan merevisi rencana pembelajaran.

Lesson study  sebagai  suatu  strategi  dalam  meningkatkan keprofesionalan  guru oleh   para   guru,   yang   sudah   tentu   merupakan   gerakan   dari   para   guru   untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, perlu komitmen dari para guru yang didukung oleh kebijakan para pengambil keputusan, agar gerakan itu terwujud.

Wang-Iverson  dan  Yoshida  (2005)  juga  mengemukakan  definisi  dan hal-hal yang terkait dengan lesson study sebagai berikut.

1.   Lesson  study  (jugyokenkyu)  is  a  form  of  long-term  teacher-led  professional learning,   developed   in   Japan,   in   which   teachers   systematically   and collaboratively  conduct  research  on  teaching  and  learning  in  classroom  in order   to   enrich   students’   learning   experiences   and   improve   their   own teaching.

2.   A  lesson  study  cycle  generally  involves  a  team  of  teachers  planning  colla- boratively  based  upon  a  research  theme,  implementing  the  lesson  in  the classroom,  collecting  observation  data,  reflecting  upon  and  discussing  the data, and developing a record of their activity.

3.   Lesson study is more than a studying instructional materials and developing useful  lessons.  It  also  explores  ideas  for  improved  teaching  that  bring  out students’ thinking and thinking processes, helps students to develop mental images for solving problem and understanding the topic, and expands those skills and abilities.

4.   Lesson study is a comprehensive approach to professional learning that helps teachers develop ways of:

a)   thinking about learning and teaching in the classroom b)   planning lessons

c)   observing how students are thinking and learning and taking appropriate actions

d)   reflecting on and discussing teaching

e)   identifying  and  recognizing  knowledge  and  skills  necessary  to  improve their practice and seek new solutions.

5.   Lesson  study  supports  teachers  in  becoming  lifelong  learners  about  how  to develop and improve teaching and learning in the classroom.

Mengapa Lesson study?

Lesson study dipilih dan dimplementasikan karena beberapa alasan.

Pertama, lesson study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa. Hal ini karena (1) pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil “sharing”   pengetahuan   profesional   yang   berlandaskan   pada   praktik   dan   hasil pengajaran yang dilaksanakan  para guru,  (2) penekanan mendasar  pada pelaksanaan suatu lesson study adalah agar para siswa memiliki kualitas belajar, (3) kompetensi yang diharapkan dimiliki siswa, dijadikan fokus dan titik perhatian utama dalam  pembelajaran  di  kelas,  (4)  berdasarkan  pengalaman  real  di  kelas,  lesson study mampu menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran, dan (5) lesson study  akan  menempatkan  peran  para  guru  sebagai  peneliti  pembelajaran  (Lewis, 2002).

Kedua, lesson study yang didisain dengan baik akan menjadikan guru yang profesional dan inovatif. Dengan melaksanakan lesson study para guru dapat (1) me- nentukan  kompetensi  yang  perlu  dimiliki  siswa,  merencanakan  dan  melaksanakan pembelajaran (lesson) yang efektif; (2) mengkaji dan meningkatkan pelajaran yang bermanfaat bagi siswa; (3) memperdalam pengetahuan tentang mata pelajaran yang disajikan  para  guru;  (4)  menentukan  standar  kompetensi  yang  akan  dicapai  para siswa;  (5)  merencanakan  pelajaran  secara  kolaboratif;  (6)  mengkaji  secara  teliti belajar  dan  perilaku  siswa;  (7)  mengembangkan  pengetahuan  pembelajaran  yang dapat diandalkan; dan (8) melakukan refleksi terhadap pengajaran yang dilaksanakannya berdasarkan pandangan siswa dan koleganya (Lewis, 2002)

Wang-Iverson dan Yoshida (2005) mengatakan bahwa lesson study memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

1).  Mengurangi keterasingan guru (dari komunitasnya)

2).  Membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya

3).  Memperdalam  pemahaman  guru  tentang  materi  pelajaran,  cakupan  dan urutan materi dalam kurikulum.

4).  Membantu  guru  memfokuskan  bantuannya  pada  seluruh  aktivitas  belajar siswa.

5).  Menciptakan terjadinya pertukaran pengetahuan tentang pemahaman berpikir dan belajar siswa

6).  Meningkatkan kolaborasi pada sesama guru.

BAB IV

BAGAIMANA MELAKSANAKAN LESSON STUDY?

Ada berbagai variasi tahapan atau langkah pelaksanaan lesson study dalam perkembangan  implementasinya.  Lewis  (2002)  menyarankan  ada  enam  tahapan dalam awal mengimplementasikan lesson study di sekolah, yakni :

Tahap 1:  Membentuk kelompok lesson study. Tahap 2: Memfokuskan lesson study.

Tahap 3: Menyusun rencana pembelajaran.

Tahap 4: Melaksanakan pembelajaran di kelas dan mengamatinya (observasi). Tahap 5:  Refleksi dan menganalisis pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Tahap 6: Merencanakan pembelajaran tahap selanjutnya.

Sementara itu, Richardson (2006) menuliskan ada 7 tahap atau langkah yang termasuk dalam lesson study, yang masih mirip deng Lewis, yakni:

Tahap 1: Membentuk tim lesson study.

Tahap 2: Memfokuskan lesson study

Tahap 3: Merencanakan pembelajaran.

Tahap 4:  Persiapan untuk observasi

Tahap 5:  Melaksanakan pembelajaran dan observasinya.

Tahap 6: Melaksanakan diskusi pembelajaran yang telah dilaksanakan (refleksi).

Tahap 7: Merencanakan pembelajaran untuk tahap selanjutnya.

Di  tempat  lain,  dalam  rangkaian  adaptasi  dan  implementasi  lesson  study, Robinson  (2006)  mengusulkan  ada  delapan  tahap  berdasarkan  pada  banyaknya kegiatan yang diperlukan dalam pelaksanaan lesson study, yakni:

Tahap  1: Pemilihan topik lesson study

Tahap  2: Melakukan reviu silabus untuk mendapatkan kejelasan tujuan pembelajaran  untuk  topik  tersebut  dan  mencari  ide-ide  dari  materi  yang ada  dalam  buku  pelajaran.  Selajutnya  bekerja  dalam  kelompok  untuk menyusun rencana pembelajaran.

Tahap  3:  Setiap  tim  yang  telah  menyusun  rencana  pembelajaran  menyajikan  atau mempresentasikan  rencana  pembelajarannya,  sementara  kelompok  lain memberi masukan, sampai akhirnya diperoleh rencana pembelajaran yang lebih baik.

Tahap  4:  Guru  yang  ditunjuk  oleh  kelompok  menggunakan  masukan-masukan tersebut untuk memperbaiki rencana pembelajaran.

Tahap 5: Guru yang ditunjuk tersebut mempresentasikan rencana pembelajarannya

di  depan  semua  anggota  kelompok  lesson  study  untuk  mendapatkan balikan.

Tahap  6:  Guru  yang  ditunjuk  tersebut  memperbaiki  kembali  secara  lebih  detail rencana   pembelajaran   dan   mengirimkan   pada   semua   guru   anggota kelompok, agar mereka tahu bagaimana pembelajaran akan dilaksanakan

di kelas.

Tahap  7:  Para  guru  dapat  mempelajari  kembali  tentang  rencana  pembelajaran tersebut  dan  mempertimbangkannya  dari  berbagai  aspek  pengalaman pembelajaran yang mereka miliki, khususnya difokuskan pada hal-hal yang penting  seperti  :  hal-hal  yang  akan  dilakukan  guru,  pemahaman  siswa, proses pemecahan oleh murid, dan kemungkinan yang akan terjadi dalam implementasi pembelajarannya.

Tahap 8: Guru yang ditunjuk tersebut melaksanakan rencana pembelajaran di kelas, sementara guru yang lain bersama dosen/pakar mengamati sesuai dengan tugas  masing-masing  untuk  memberi  masukan  pada  guru.  Pertemuan refleksi segera dilakukan secepatnya kegiatan pelaksanaan pembelajaran, untuk  memperoleh  masukan  dari  guru  observer,  dan  akhirnya  komentar dari   dosen   atau   pakar   luar   tentang   keseluruhan   proses   serta   saran sebagai   peningkatan   pembelajaran,   jika   mereka   mengulang   di   kelas masing-masing atau untuk topik yang berbeda.

Dari  delapan  tahapan  di  atas  tampak  adanya  upaya  penyusunan  dan perbaikan rencana pembelajaran yang berulang-ulang untuk memperoleh rencana pembelajaran yang terbaik.

Dalam  implementasi  lesson  study  yang  dilakukan  oleh  IMSTEP-JICA  di Indonesia,  Saito,  dkk  (2005)  mengenalkan  lesson  study  yang  berorientasi  pada praktik.  Lesson study yang dilaksanakan tersebut terdiri atas 3 tahap pokok, yakni:

1.   Merencanakan pembelajaran dengan penggalian akademis pada topik dan alat- alat pembelajaran yang digunakan, yang selanjutnya disebut tahap Plan.

2.   Melaksanakan  pembelajaran  yang  mengacu  pada  rencana  pembelajaran  dan alat-alat   yang   disediakan,   serta   mengundang   rekan-rekan   sejawat   untuk mengamati. Kegiatan ini disebut tahap Do.

3.   Melaksanakan refleksi melalui berbagai pendapat/tanggapan dan diskusi bersama pengamat/observer. Kegiatan ini disebut tahap See.

Lebih jelasnya digambarkan dalam bagan berikut.

Gambar 2: Daur Studi Pembelajaran Berorientasi pada Praktik

Berikut ini akan diuraikan secara lebih detil keenam tahap yang dikemukakan oleh Lewis.

1. Membentuk Kelompok Lesson study

Setidak-tidaknya ada empat kegiatan yang perlu dilakukan dalam membentuk kelompok  lesson  study.  Keempat  kegiatan  tersebut  adalah

(1)  merekrut  anggota kelompok,

(2)  menyusun  komitmen  tentang  tugas-tugas  yang  harus  dilakukan,

(3) menyusun jadwal pertemuan, dan

(4) membuat aturan-aturan kelompok.

Anggota  kelompok  lesson  study  pada  dasarnya  dapat  direkrut  dari  guru, dosen,  supervisor  akademik,  pejabat  pendidikan,  dan/atau  pemerhati  pendidikan. Yang  sangat  penting  adalah  mereka  mempunyai  komitmen,  minat,  dan  kemauan untuk  melakukan  inovasi  dan  memperbaiki  kualitas  pendidikan.  Setiap  anggota kelompok lesson study harus memiliki komitmen, agar dia menyiapkan waktu khusus untuk mewujudkan atau mengimplementasikan lesson study. Para anggota kelompok ini biasanya menyelenggarakan pertemuan-pertemuan rutin baik mingguan, bulanan, semesteran, maupun tahunan dalam satu tahun ajaran tertentu.

Di  samping  itu,  mereka  juga  bisa  bertindak  sebagai  guru  untuk  melakukan  suatu

research lesson.

Seperti   dikemukakan   di   atas,   pertemuan-pertemuan   anggota   kelompok diperlukan adanya jadwal yang harus ditaati oleh setiap anggota kelompok. Jadwal

itu mengatur  semua  tugas  yang  terkait  dengan  kegiatan  anggota  kelompok, termasuk tugas mengajar rutin. Anggota kelompok yang bertugas sebagai guru tentu saja tidak boleh meninggalkan kelas mengajarnya, sehingga kegiatan lesson study tidak mengganggu tugas pokok mengajar. Oleh karena itu, dalam menyusun jadwal pertemuan hharus mempertimbangkan tugas pokok mengajarnya, agar tugas pokok tersebut tidak ditinggalkan.

2. Memfokuskan Lesson study

Pada langkah ini ada tiga kegiatan yang dapat dilakukan, yaitu menyepakati tema permasalahan, fokus permasalahan, atau tujuan utama pemecahan masalah, memilih subbidang studi, serta memilih topik dan unit pelajaran.

Terkait dengan penentuan tema permasalahan suatu lesson study, kita perlu memperhatikan   tiga  hal.

Pertama,   bagaimana   kualitas  aktual   para  siswa  saat sekarang?  Kedua,  bagaimana  kualitas  ideal  para  siswa  yang  diinginkan  di  masa mendatang?  Ketiga,  adakah  kesenjangan  antara  kualitas  ideal  dan  kualitas  actual para  siswa  yang  menjadi  sasaran  lesson  study?  Kesenjangan  inilah  yang  dapat diangkat menjadi bahan tema permasalahan.

Mata pelajaran yang digunakan untuk lesson study ditentukan oleh anggota kelompok  lesson  study.  Anggota  kelompok  bisa  memilih,  misalnya  mata  pelajaran IPA, Bahasa, atau Matematika, dan sebagainya sesuai dengan minat para anggota. Sebagai  panduan  untuk  memilih  mata  pelajaran,  kita  dapat  menggunakan  tiga pertanyaan  berikut.  Pertama,  mata  pelajaran  apa  yang  paling  sulit  bagi  siswa?. Kedua,  mata  pelajaran  apa  yang  paling  sulit  diajarkan  oleh  guru?.  Ketiga,  mata pelajaran apa yang ada pada kurikulum baru yang ingin dikuasai dan dipahami oleh guru?.

Setelah menentukan mata pelajaran, langkah berikutnya adalah memilih topik dan  pembelajaran.  Topik  yang  dipilih  sebaiknya  adalah  topik  yang  menjadi  dasar bagi topik-topik berikutnya, topik yang selalu sulit bagi siswa atau tidak disukai siswa, topik  yang  sulit  diajarkan  atau  tidak  disukai  oleh  guru,  atau  topik  yang  baru  dalam kurikulum.  Topik  dipilih  harus  sesuai  dengan  kompetensi  dasar  yang  perlu  dimiliki oleh  siswa.  Berdasarkan  kompetensi  dasar  ini  kita  menyusun  pembelajaran  yang akan menunjang tercapainya kompetensi tersebut.

3. Merencanakan Pembelajaran

Di   dalam   merencanakan   pembelajaran   (instructional   improvement),   di samping mengkaji pembelajaran-pembelajaran yang sedang berlangsung, kita perlu

mengembangkan suatu rencana untuk memandu belajar (plan to guide learning).

Rencana itu akan memandu proses pembelajaran, pengamatan, dan diskusi tentang pembelajaran  serta  mengungkap  temuan  yang  akan  muncul  selama  lesson  study berlangsung.  Rencana  untuk  memandu  belajar  itu  merupakan  suatu  hal  yang kompleks.  Suatu  rencana  pembelajaran  diharapkan  akan  menjawab  pertanyaan yang sangat penting, yaitu “perubahan-perubahan apa yang akan terjadi pada siswa selama pelajaran berlangsung dan apa yang akan memotivasi mereka.

Daftar   pertanyaan   berikut   mungkin   dapat   membantu   untuk   memandu perencanaan pembelajaran (Lewis, 2002).

1.  Apa yang saat ini dipahami oleh siswa tentang topik ini?

2.  Apa yang kita inginkan dari siswa untuk dipahami pada akhir pembelajaran?

3.  Rentetan  pertanyaan  dan  pengalaman  apa  yang  akan  mendorong  para  siswa untuk berpindah dari pemahaman awal menuju pemahaman yang diinginkan?

4.  Bagaimana  para  siswa  akan  menjawab  pertanyaan  dan  aktivitas  apa  yang dilakukan  siswa  pada  pembelajaran  tersebut?  Apakah  terdapat  masalah  dan miskonsepsi  yang  akan muncul?  Bagaimana  guru  akan  menggunakan idea  dan miskonsepsi untuk  meningkatkan pembelajaran tersebut?

5.  Apa  yang  akan  membuat  pembelajaran  ini  mampu  memotivasi  dan  bermakna

bagi siswa?

6.  Apakah  diperlukan  bukti  tentang  belajar  siswa,  motivasi  siswa,  perilaku  siswa yang   perlu   dikumpulkan,   yang   nantinya   dapat   didiskusikan   dalam   kegiatan refleksi? Bagaimanakah format pengumpulan data yang diperlukan?

Penyusunan  lembar  observasi  untuk  pengumpulan  data  ini  merupakan  suatu elemen  penting  yang  didasarkan  pada  rencana  pembelajaran  yang  telah  disusun. Lembar   observasi   ini   memandu   pengamat   untuk   memperhatikan   aspek-aspek khusus   dari pelaksanaan pembelajaran. Anggota kelompok lesson study dan guru- guru  biasanya  diberikan  tugas  dan  format  pengumpulan  data  untuk  membantu mereka   dalam   mengumpulkan   data.   Pengumpulan   data   itu   biasanya   dikaitkan dengan denah tempat duduk siswa, daftar anggota setiap kelompok siswa, catatan tentang  pemikiran  awal  siswa,  daftar  cek  untuk  mencatat  hal-hal  penting  tentang karya siswa, catatan tentang partisipasi setiap siswa dari suatu kelompok kecil, atau data lainnya yang diperlukan/mendukung.

Data  yang  dikumpulkan  selama  lesson  study  biasanya  memuat  bukti  tentang aktivitas belajar, motivasi, dan iklim sosial. Walaupun pengumpulan data lebih difo kuskan  pada  siswa,  namun  juga  bisa  dilakukan  untuk  mencatat  ucapan,  gerakan guru, dan waktu yang digunakan guru pada setiap elemen pembelajaran.

Satu bagian penting lagi dan yang patut dipertimbangkan dalam merencanakan lesson  study  adalah  kehadiran  ahli/pakar  dari  luar.  Mereka  bisa  berasal  dari  guru senior  atau dosen  yang  memiliki  pengetahuan  tentang  bidang  studi  yang  dipelajari dan/atau bagaimana mengajar bidang studi tersebut. Keterlibatan ahli/pakar dari luar

ini akan lebih efektif jika berlangsung sejak awal. Dengan cara ini, ahli/pakar tersebut mempunyai kesempatan dalam membantu merancang pembelajaran, memberi saran tentang sumber-sumber kurikulum, dan bertindak sebagai komentator dan motivator terhadap pelaksanaan lesson study.

4. Praktik Pembelajaran dan Observasi

Rencana  pembelajaran  yang  telah  disusun  bersama  diimplementasikan  oleh seorang  guru  yang  ditunjuk  (disepakati)  oleh  kelompok  dan  diamati  oleh  guru  lain dan  pakar/ahli  dari  luar.  Pengamat  akan  mengumpulkan  data  yang  diperlukan selama   pelajaran   berlangsung.   Untuk   mendokumentasikan   proses   pelaksanaan pembelajaran biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan audiotape, videotape, handycam, kamera, karya siswa, dan catatan observasi naratif. Peranan pengamat selama  lesson  study  adalah  mengumpulkan  data  dan  bukan  membantu  apalagi mengganggu siswa. Para siswa harus diberitahu lebih dahulu bahwa pengamat atau guru lain di kelas mereka itu hanya bertugas untuk mempelajari pembelajaran yang berlangsung dan bukan untuk membantu ataupun menilai mereka.

Selanjutnya,  setiap  anggota  kelompok  lesson  study  sebaiknya  diberi  tugas dengan tanggung jawab tertentu. Untuk ini setiap anggota kelompok memahami isi dari   semua   perangkat   pembelajaran   yang   digunakan   guru,   seperti   rencana pembelajaran,  lembar  kerja  siswa  (LKS),  teaching  guide,  dan  lembar  observasi, sehingga mereka akan lebih cermat dalam mengamatinya.

5. Refleksi dan Menganalisis Pembelajaran yang Telah Dilakukan

Rencana  pembelajaran  yang  sudah  diimplementasikan  perlu  dilakukan  refleksi dan  dianalisis.  Hal  ini  perlu  dilakukan,  karena  hasil  refleksi  dan  analisis  tersebut dapat   dijadikan   sebagai   bahan   masukan   untuk   perbaikan   atau   revisi   rencana pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran berikutnya diharapkan akan menjadi lebih sempurna, efektif dan efisien.

Refleksi  tentang  pelaksanaan  pembelajaran  sebaiknya  memuat  butir-butir:  (1) refleksi dari guru pelaksana pembelajaran, (2)tanggapan umum dari  observer /pengamat,  (3)  presentasi  dan  diskusi  tentang  hasil  pengolahan  data  dari pengamat, (4) tanggapan dan saran dari ahli/pakar.

Beberapa bagian penting yang berguna sebagai panduan refleksi pelaksanaan pembelajaran adalah sebagai berikut.

Pertama,   guru   yang   melakukan   pembelajaran   diberi   kesempatan   menjadi pembicara pertama untuk mengemukakan semua kesulitan dalam pembelajarannya, kesalahan  yang  diperbuatnya  selama  pembelajaran,  atau  hal-hal  lain  yang  terjadi dalam pembelajaran dan perlu dikemukakan dalam refleksi.

Kedua,   pembelajaran   yang   disampaikan   merupakan   milik   semua   anggota kelompok  lesson  study.  Ini  adalah  pembelajaran  “kita”,  bukan  pembelajaran  “saya” ataupun  pembelajaran  ”Anda”,  sehingga  hal  ini  direfleksikan  pada  setiap  anggota kelompok. Anggota kelompok  bertanggung jawab untuk menjelaskan pemikiran dan perencanaan yang telah disusun bersama tersebut.

Ketiga, para guru yang merencanakan pembelajaran itu sebaiknya menceritakan mengapa mereka merencanakan itu, perbedaan antara apa yang mereka

rencanakan  dan  apa  yang  sesungguhnya  terjadi  dalam  pelaksanaan,  serta  aspek- aspek pelajaran yang mereka inginkan agar para pengamat mengevaluasinya.

Keempat,   diskusi   yang   berfokus   pada   data   yang   dikumpulkan   oleh   para pengamat.  Para  pengamat  membicarakan  secara  spesifik  tentang  kegiatan  siswa dan karya siswa yang mereka catat. Pengamat tidak membicarakan tentang kualitas pelajaran berdasarkan kesan mereka, tetapi mereka membicarakan atas dasar fakta yang ditemukan.

Kelima,   waktu   refleksi   bebas   terbatas,   oleh   sebab   itu   hanya   terdapat kesempatan yang terbatas (Lewis, 2002).

Refleksi dari pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan segera, pada hari yang sama,  setelah  rencana  pembelajaran  diimplementasikan.  Hal  ini  seperti  yang  telah dikemukakan  sebelumnya  bahwa  hasil  diskusi  dan  analisis  ini  dapat  digunakan sebagai  pertimbangan  untuk  merevisi  materi  pelajaran,  pendekatan  pembelajaran, dan media yang digunakan.

6. Merencanakan Tahap-tahap Berikutnya

Dalam   merefleksikan   lesson   study,   hal   yang   perlu   dilakukan   adalah memikirkan  tentang  apa-apa  yang  sudah  berlangsung  dengan  baik  sesuai  dengan rencana  dan  apa-apa  yang  masih  perlu  diperbaiki.  Sekarang  tiba  saatnya  untuk berpikir tentang apa yang harus dikerjakan selanjutnya oleh kelompok lesson study. Apakah   anggota   kelompok berkeinginan   untuk   membuat   peningkatan   agar pembelajaran   ini   menjadi   lebih   baik?   Apakah   anggota-anggota   yang   lain   dari kelompok  lesson  study  ini  berkeinginan  untuk  mengujicobakan  pembelajaran  ini pada  kelas  mereka  sendiri?  Apakah  anggota  kelompok  lesson  study  puas  dengan pelaksanaan lesson study dan  operasional kelompok? (Lewis, 2002).

Pertanyaan-pertanyaan   berikut   juga   dapat   membantu   dalam   melakukan refleksi  terhadap  siklus  lesson  study  maupun  memikirkan  langkah  yang  akan  dila- kukan berikutnya. Pertanyaan tersebut (menurut Lewis, 2002), antara lain :

a.   Apa yang berguna atau nilai tambah apa tentang pelaksanaan lesson study

yang telah dikerjakan bersama?

b.   Apakah  lesson  study  membimbing  kita  untuk  berpikir  dengan  cara  baru tentang praktek pembelajaran sehari-hari?

c.   Apakah lesson study membantu mengembangkan pengetahuan kita tentang materi   pelajaran   serta   pengetahuan   tentang   pembelajaran   yang   sesuai dengan perkembangan siswa?

d.   Apakah  pelaksanaan  lesson  study  menarik  bagi  kita  dalam  meningkatkan keprofesionalan kita?

e.   Apakah pelaksanaan lesson study yang dilakukan secara

kolaboratif/bersama-sama merupakan suatu kerja yang produktif dan suportif?

f. Sudahkah kita membuat kemajuan pembelajaran secara menyeluruh melalui pelaksanaan lesson study?

g.   Apakah semua anggota kelompok kita merasa terlibat dan berguna?

h.   Apakah  pihak  yang  bukan  peserta  kelompok  memperoleh  informasi  atau manfaat dari hasil pelaksanaan  kegiatan lesson study kita?

BAB V

KESIMPULAN

Guna  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  di  sekolah,  faktor penting  yang harus diperhatikan adalah peningkatan mutu pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik (guru).

Lesson study dipilih untuk mewujudkan peningkatan mutu pembelajaran di sekolah karena : lesson studymerupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa. Hal ini karena (1) pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil “sharing”   pengetahuan   profesional   yang   berlandaskan   pada   praktik   dan   hasil pengajaran yang dilaksanakan  para guru,  (2) penekanan mendasar pada pelaksanaan suatu lesson study adalah agar para siswa memiliki kualitas belajar, (3) kompetensi yang diharapkan dimiliki siswa, dijadikan fokus dan titik perhatian utama dalam  pembelajaran  di  kelas,  (4)  berdasarkan  pengalaman  real  di  kelas,  lesson study mampu menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran, dan (5) lesson study  akan  menempatkan  peran  para  guru  sebagai  peneliti  pembelajaran  (Lewis,2002).

Daftar Pustaka

Fernandez,   Clea   and   Yoshida,   Makoto.   (2004).   Lesson   Study   :   A   Japanese Approach  to  Improving  Mathematics  Teaching and  Learning.  New  Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Garfield,  J.  ().  Exploring  the  Impact  of  Lesson  Study  on  Developing  Effective Statistics Curriculum. (Online): diambil tanggal 19-6-2006 dari: www.stat.auckland.ac.nz/-iase/publication/-11/Garfield.doc.

Lewis, Catherine C. (). Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional

Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.

Morgan, Shawn. 2001. Teaching Math the Japanese Way (Online), Diambil tanggal

16 Mei 2005 dari: http://www.as1.org/alted/lessonstudy.htm,.

Robinson, Naomi. 2006. Lesson Study: An example of its adaptation to Israeli middle school teachers. (Online): stwww.weizmann.ac.il/G-math/ICMI/ Robinson_proposal.doc

Richardson, J. 2006. Lesson study: Teacher Learn How to Improve Instruction.

Nasional Staff Development Council. (Online): www.nsdc.org. 03/05/06.

Saito,  E.,  Imansyah,  H.  dan  Ibrohim.  2005.  Penerapan  Studi  Pembelajaran  di Indonesia: Studi Kasus dari IMSTEP. Jurnal Pendidikan“Mimbar Pendidikan”, No.3. Th. XXIV: 24-32.

Saito, E., (2006). Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59

Takashi A. (2006). Implementing lesson study in North American schools and school (makalah yang dipresentasikan pada seminar “APEC International Symposium  on  Innovation  and  Good  Practice  for  Teaching  and  Learning Mathematics  through  Lesson  Study”,  14-17  Juni  2006).  Thailand:  Khon Kaen University.

Tim  Piloting.  (2002).  Laporan  Kegiatan  Piloting.  Yogyakarta:  IMSTEP-JICA  FMIPA UNY.

.(2003). Laporan Kegiatan Piloting. Yogyakarta: IMSTEP-JICA FMIPA UNY.

. (2004). Laporan Kegiatan Piloting. Yogyakarta: IMSTEP-JICA FMIPA UNY.

Tim Pengembang Sertifikasi Kependidikan. (2003). Pedoman Sertifikasi Kompetensi Tenaga  Kependidikan  (draft).  Jakarta:  Direktorat  Pembinaan  Pendidikan Tenaga   Kependidikan   dan   Ketenagaan   Perguruan   Tinggi   Ditjen   Dikti Depdiknas.

Walker, J.S. (…). UWEC Math Dept. Journal of Lesson Studies. (Online)

Wang-Iverson, Patsy and Yoshida, Makoto (Editors). (…). Building Our understanding   of   Lesson   study.   Philadelphia,   PA:   Research   for   Better Schools.

BAHAN AJAR PLAN – DO – SEE

DALAM LESSON STUDY

Diklat Lesson Study

bagi guru-guru se KKM MTsN Wonorejo Kab. Pasuruan Jatim

Oleh:

Widayanto

Widyaiswara Madya BDK Surabaya

NIP: 150 255 992/196512031992031002

DEPARTEMEN AGAMA

BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAGAMAAN SURABAYA

JL. KETINTANG MADYA 92 SURABAYA

About widayantoku

a teacher of English in East Java Indonesia
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s